Rabu, 21 September 2011

Tugas Filsafat KPI

(Ilmu) Filsafat (Ilmu) dan Beberapa Definisinya

1. Filsafat menurut Bahasa
Sebelum menjabarkan apa itu ilmu filsafat, ada baiknnya untuk mengatahui pengertian dari kata filsafat. Filsafat, berasal dari kata serapan bahasa inggris “philosophy”, adapun secara etimologi filsafat berasal dari bahasa yunani, ”Philosophia” yang terdiri atas dua kata “Philos” (cinta), atau “philia” (persahabatan,tertarik kepada) dan “shopia” (hikmah,kebijaksanaan).
Jadi , secara terminologi, filsafat berarti cinta kebijaksanaan atau kebenaran. Sedangkan menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, Filsafat berarti pengetahuan dan penyelidikan dengan akal budi mengenai hakkat segala yang ada, sebab asal dan hukumnya. Awalnya, filsafat diartikan sebagai segala ilmu pengetahuan yang dimiliki manusia. Filsafat sendiri terbagi menjadi dua, filsafat teoritis dan filsafat praktis. Filsafat praktis mencakup: Ilmu Pengetahuan Alam, Fisika, Ilmu tentang ke-Tuhanan, Eksakta dan Metafisik. Sedangkan, Filsafat teoritis mencakup Norma-norma, Interaksi Sosial, maupun Politik.
2. Ilmu Filsafat menurut Para Ahli
Secara garis besar, banyak ahli yang mendefinisikan filsafat menurut pandangannya masing-masing. Sehingga filsafat memiliki banyak pengertian dan meiliki sifat elastisitas arti kata. Berikut pengertian filsafat menurut beberapa ahli atau filosof:
a.) Plato (427-348 SM)
Ilmu pengetahuan yang bersifat untuk mencapai kebenaran yang asli.
b.) Aristoteles (382-322 SM)
Ilmu pengetahuan yang meliputi kebenaran yang terkandung didalamnya ilmu-ilmu metafisika,logika,retorika,ekonomi,politik da estetika.

c.) Rene Descartes (1596-1650)
Kumpulan segala pengetahuan dimana Tuhan, alam dan manusia menjadi pokok penyelidikannya.

d.) Immanuel Kant (1724-1804)
Filsafat adalah ilmu pengetahuan yange menjadi pokok dan pangkal dari segala pengetahuan yang didalamnya tercakup empat persoalan: Metafisika,etika,agama dan antropologi.

e.) Notonegoro
Filsafat menelaah hal-hal yang dijadikan objeknya dari sudut intinya yang mutlak, yang tetap tidak berubah , yang disebut hakekat.

f.) Sidi Gazalba
Berfilsafat ialah mencari kebenaran dari kebenaran untuk kebenaran , tentang segala sesuatu yang di masalahkan, dengan berfikir radikal, sistematik dan universal.

g.) Harold H. Titus
(1) Filsafat adalah sekumpulan sikap dan kepecayaan terhadap kehidupan dan alam yang biasanya diterima secara tidak kritis. Filsafat adalah suatu proses kritik atau pemikiran terhadap kepercayaan dan sikap yang dijunjung tinggi;
(2) Filsafat adalah suatu usaha untuk memperoleh suatu pandangan keseluruhan;
(3) Filsafat adalah analisis logis dari bahasa dan penjelasan tentang arti kata dan pengertian ( konsep ); Filsafat adalah kumpulan masalah yang mendapat perhatian manusia dan yang dicirikan jawabannya oleh para ahli filsafat.

h.) Mr.Mumahamad Yamin
Filsafat ialah pemusatan pikiran , sehingga manusia menemui kepribadiannya seraya didalam kepribadiannya itu dialamiya kesungguhan.

i.) Bertrand Russel
Filsafat adalah sesuatu yang berada di tengah-tengah antara teologi dan sains. Sebagaimana teologi , filsafat berisikan pemikiran-pemikiran mengenai masalah-masalah yang pengetahuan definitif tentangnya, sampai sebegitu jauh, tidak bisa dipastikan;namun, seperti sains, filsafat lebih menarik perhatian akal manusia daripada otoritas tradisi maupun otoritas wahyu.
j.) Alfarabi
Ilmu pengetahuan tentang alam maujud bagaimana hakikat yg sebenarnya.

3. Filsafat Ilmu menurut Para Ahli (Filosof)
Setelah menjabarkan tentang ilmu filsafat. Maka , di sub-judul ini akan membahas mengenai definisi filsafat ilmu menurut beberapa ahli, berikut definisinya
a). Robert Ackerman
Filsafat ilmu dalam suatu segi adalah suatu tinjauan kritis tentang pendapat-pendapat ilmiah dewasa ini dengan perbandingan terhadap kriteria-kriteria yang dikembangkan dari pendapat-pendapat demikian itu, tetapi filsafat ilmu jelas bukan suatu kemandirian cabang ilmu dari praktek ilmiah secara aktual.

b.) Lewis White Beck
Filsafat ilmu membahas dan mengevaluasi metode-metode pemikiran ilmiah serta mencoba menemukan dan pentingnya upaya ilmiah sebagai suatu keseluruhan.
c.) A. Cornelius Benjamin
Cabang pengetahuan filsafati yang merupakan telaah sistematis mengenai ilmu, khususnya metode-metodenya, konsep-konsepnya dan praanggapan-praanggapan, serta letaknya dalam kerangka umum cabang-cabang pengetahuan intelektual.
d.) Michael V. Berry
Penelaahan tentang logika interen dari teori-teori ilmiah dan hubungan-hubungan antara percobaan dan teori, yakni tentang metode ilmiah.
e.) May Brodbeck
Analisis yang netral secara etis dan filsafati, pelukisan dan penjelasan mengenai landasan – landasan ilmu.
f.) Peter Caws
Filsafat ilmu merupakan suatu bagian filsafat, yang mencoba berbuat bagi ilmu apa yang filsafat seumumnya melakukan pada seluruh pengalaman manusia.
g.) Stephen R. Toulmin
Sebagai suatu cabang ilmu, filsafat ilmu mencoba pertama-tama menjelaskan unsur-unsur yang terlibat dalam proses penyelidikan ilmiah prosedur-prosedur pengamatan, pola-pola perbinacangan, metode-metode penggantian dan perhitungan, pra-anggapan-pra-anggapan metafisis, dan seterusnya dan selanjutnya menilai landasan-landasan bagi kesalahannya dari sudut-sudut tinjauan logika formal, metodologi praktis, dan metafisika).

Resensi Buku :
Sanusi, Achmad.1998. Filsafah Ilmu, Teori Keilmuan, dan Metode Penelitian : Memungut dan Meramu Mutiara-Mutiara yang Tercecer ( Makalah). Bandung: PPS-IKIP Bandung.
Suhandi, Agraha.1992. Filsafat Sebagai Seni untuk Bertanya, (Diktat Kuliah).Bandung : Fakultas Sastra Unpad Bandung.
Ismaun.2001. Filsafat Ilmu (Diktat Kuliah). Bandung : UPI Bandung.
Suriasumantri , Jujun.1982. Filsafah Ilmu : Sebuah Pengantar Populer. Jakarta: Sinar Harapan.
Russel, Betrand.2002. Sejarah Filsafat Barat dan Kaitannya dengan kondisi sosio-politik dari zaman kuno hingga sekarang (alih Bahasa Sigit jatmiko, dkk ) . Yogyakarta : Pustaka Pelajar.
Wibisono,Koento.1997. Dasar-Dasar Filsafat. Jakarta : Universitas Terbuka
Moersaleh. 1987. Filsafat Administrasi. Jakarta : Univesitas Terbuka


Nb:
Resensi buku ditulis berurutan berdasarkan abjad nama sipenulis

0 komentar:

Poskan Komentar